Bonus kebaikan


                                                              
Sore itu tak biasanya hujan turun dengan deras,gelegar kilat mulai menyambar,terlihat sangat mengerikan ,di sebuah sudut rumah tua duduklah seorang nenek yang sejak tadu asyik merajut sebuah
Pakaian seolah tidak memperhatikan hujan yang turun.rita berlari kearah nenek itu hanya untuk mendapatkan tempat untuk berteduh dari hujan yang tidak mau berhenti,tidak ada yang memulai percakapan.rita menghampiri sang nenek.
“nek,ijinkan saya berteduh disini?”,kata rita,terbata-bata menggigil kedinginan.
Namun sang nenek hanya tersenyum bingung menghampiri rita,karena hujan semakin deras rita tetap berada disana.
30 menit berlalu tak ada suara,hanya suara  hujan deras yang terdengar semakin keras.jika hujan deras terus seperti ini aku tidak bias pulang ,kata rita dalam hati. Tak banyak yang dapat rita perbuat selain menunggu hingga hujan reda. Rita mencoba memulai lagi percakapan dengan sang nenek.
“nek,apa nenek tinggal sendirian disini?”,Tanya rita penasaran karena sejak dari tadi sang nenek masih berada diluar.
“iyah,nak..,nenek disini hanya tinggal sendiri”,jawab sang nenek, yang sejak tadi asyik merajut baju.
Rita semakin heran dengan sang nenek yang sedang merajut pakaian,apa yang sedang dia pikirkan,dan untuk siapa dia merajut pakaian jika dia tidak mempunyai lagi keluarga?,ah..mungkin itu akan dikenakan oleh  nenek itu sendiri.
Setelah beberapa jam,rajutan pakaian  sang nenek selesai,kemudian di berikanlah pakaian tersebut kepada rita.rita semkin heran dengan tingkah sang nenek.
“nak kamu jangan heran dengan semua ini,kamu ingat sebulan yang laluketika kamu membantu nenek menyebrang di jalan?”.rita mulai mengingat peristiwa itu walau sudah samar-samar terlihat hanya yang teringat seorang nenek yang bingung untuk menyebrang dan dia membantunya.sejak saat itu nenek ingin berterimakasih kepadam,u dengan merajut pakaian ini untukmu dan menunggu hungga saat ini datang mendengar hal tersebut rita tersenyum kagum kepada sang nenek.
“nak kebaikan seseorang akan selalu di ingat,walau kita ikhlas dalam mengerjakannya ,namun jika ada orang yang membuatsesuatu kesalahan padamu maka maafkanlah segala kesalahannya”,kata sang nenek.rita semakin kagum dengan apa yang nenek bicarakan padanya, beberapa saat kemudian hujan pun mualai berhenti dan rita pu berpamitan kepada sang nenek untuk pulang.dan tak lupa ucapan terimakasih yang terlontar darinya,selangkah demi selangkah rita mulai meninggalkan sang nenek.namun satu hal yang selalu dia ingat bahwa kebaikan akan mendatangkan kebaikan ,keikhlasan yang harus tertanam dalam diri,balasan hanya sebuah bonus dari sebuah kebaikan. (nata_geje)

Komentar