serat bambu untuk tekstil dan peluang untuk indonesia

Bambu seperti kita ketahui Bambu adalah tanaman jenis rumput-rumputan dengan rongga dan ruas di batangnya. Bambu memiliki banyak tipe. Nama lain dari bambu adalah buluh, aur, dan eru. Di dunia ini bambu merupakan salah satu tanaman dengan pertumbuhan paling cepat. Karena memiliki sistem rhizoma-dependen unik, dalam sehari bambu dapat tumbuh sepanjang 60cm (24 Inchi) bahkan lebih, tergantung pada kondisi tanah dan klimatologi tempat ia ditanam.  (http://id.wikipedia.org/wiki/Bambu).
pohon bambu yang hidup di indonesia memiliki banyak jenisnya.
Jenis-jenis Bambu yang terdapat di Indonesia
diperkirakan sekitar 159 spesies dari total 1.250 jenis bambu yang terdapat di dunia. Bahkan sekitar 88 jenis bambu yang ada di Indonesia merupakan tanaman endemik.
Bambu merupakan jenis rumput-rumputan yang dan beruas. Bambu merupakan anggota famili Poaceae yang terdiri atas 70 genus. Bambu termasuk jenis tanaman yang mempunyai tingkat pertumbuhan yang tinggi. Beberapa jenis bambu mampu tumbuh hingga sepanjang 60 cm dalam sehari.(http://www.gallery-kapuashulu.org/id/ntf/bamboo). bisa kita pastikan bahwa tanaman bambu sangat cocok tumbuh di indonesia,dengan beragam jenis tumbuhan bambu yang bisa tumbuh di indonesia,ini merpakan suatu peluang yang besar untuk meningkatkan perekonomian negara, dengan di temukannya serat bambu yang dapat di gunakan untuk membuat bahan tekstil,bambu yang di olah yaitu dengan menjadikan bambu bubur dan di tambah zat yang lain hingga di pintal dan membentuk benang, lalu bisa di gunakan dengan cara menenun ataupun merajutnya karena benang ini  mudah di bentuk,keuntungan yang kita dapat antara lain memperoleh kelembutan alami karena tekstur dari bambu itu sendiri, mengurangi alergi pada kulit, menyerap kelembaban, anti bakteri, pelindung sinar UV, dan memberi ruang bagi kulit untuk bernapas.selain itu harga dari bambu lebih murah di bandingkan kapas yang sulit di tanam di indonesia dengan kualitas yang baik, indonesia memiliki banyak sungai yang dapat berpotensi untuk pertumbuhan bambu ke depannya,ini menjadi suatu keuntungan untuk negara indonesia jika kita bisa membudidayakannya dan memanfaatkan bambu dengan baik, karena manfaat dari pohon bambu tidak hanya bisa dalam penggunaan tekstil saja namun, sebagai bahan bangunan (kontruksi), Transportasi, Pembuatan alat musik seperti angklung, kuliner, kerajinan rumah tangga dan ornamen, serta sebagai bahan pengobatan alami.pohon bambu juga dapat menjernihkan air sungai, dan tanamannya dapat menyerap karbon dioksida selain itu ramah lingkungan,menurut saya sebaiknya kita masyarakat indonesia dan pemerintah saling bersinergi untuk membuat industri dan menciptakan lapangan pekerjaan untuk kesejahteraan indonesia.

 
Kerajinan dari bambu
 
 
pakaian dari serat bambu
 
 
                                                        makanan dari bambu muda

Komentar